Arief Muhammad

Tokoh yang satu mi sangat populer bagi masyarakat Garut terutama bagi masyarakat Leles dan sekitarnya Walaupun riwayatnya hanya dituturkan dan mulut ke mulut, namun masyarakat meyakini tokoh mi adalah penyebar Islam pertama di daerah Leles dan sekitarnya. Keyakinan mi diperkuat oleh peninggalan-peninggalan Arif Muhammad berupa mushaf A1-Qur’an yang terbuat dan daluang (saĆ©h) yang ditulis tangan, serta kitab pelajaran agama lainnya.

Keturunannya menyebut tokoh mi dengan nama Embah Dalem Arif Muhammad. Ta dimakamkan di Kampung Pub, tepat di tengah-tengah Telaga Cangkuang, di samping bangunan Candi Cangkuang.
Menurut cenita, Arif Muhammad konon seorang prajurit Mataram yang diutus memimpin penyerbuan ke benteng VOC di Batavia. Namun penyerangan itu gagal karena pasukan Mataram berhasil dipukul mundur. Sebagian di antaranya mundur ke Priangan Timur, termasuk pasukan yang dipimpin Arif Muhammad.


Namun, Arif Muhammad tidak mau kembali ke Mataram karena malu. Ia singgah di Kampung Cangkuang dan menyebarkan Islam di sana Saat mernnggal durna ia meninggalkan tujuh orang putra enam perempuan dan seorang laki laki Anak-anaknya itu ditempatkan di rumah-rumah yang kini dikenal sebagai izumah adat Kampung Pulo.

0 komentar